Thursday, 15 October 2015

Bab I SKRIPSI


ANALISA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP FASILITAS DAN PELAYANAN NON AKADEMIK DI UNIVERSITAS MERCU BUANA DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL)



BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi saat ini persaingan dalam berbagai sektor pendidikan tidak dapat dihindari termasuk dalam sektor pendidikan perguruan tinggi dan semakin hari semakin ketat. Untuk menghadapi hal ini tiap pengelola perguruan tinggi perlu melakukan perbaikan baik itu pada sektor akademik ataupun non akademik seperti fasilitas perparkiran, kantin, dan toilet yang dapat menciptakan kemudahan dan kenyamanan terhadap mahasiswa yang menuntut ilmu di universitas tersebut.
Mengingat pentingnya menjaga kualitas pelayanan fasilitas non akademik yang ada di universitas terhadap mahasiswanya dalam rangka menjawab tantang persaingan ini maka universitas harus selalu mampu mengukur sejauh mana kualitas fasilitas dan pelayanan yang mereka berikan.
Dalam penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan non akademik seperti perparkiran, kantin, dan toilet guna meningkatkankepuasan pada mahasiswa maka kualitas fasilitas dan pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam
5

menciptakan kemudahan dan kenyamanan mahasiswa.Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang ia rasakan di bandingkan dengan harapannya (Kotler, 2007), harapan pelanggan di percaya memiliki peran terhadap penentuan kepuasan pelanggan.
Bedasarkan deskripsi diatas maka saya terdorong melakukan penelitian dengan judul “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Fasilitas dan Pelayanan Non Akademik Di Universitas Mercu Buana Dengan MetodeSERVQUAL (Service Quality)
1.2
Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian dalam latar belakang masalah diatas, perumusan masalah yang menjadi obyek kajian penelitian ini adalah meningkatkan kepuasan mahasiswa:
1)
Bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan non akademik?
2)
Bagaimana kualitas pelayanan pada sektor non akademik ?
1.3
Batasan masalah
Diperlukan adanya pembatasan suatu masalah di dalam penelitian ini agar penelitian ini dapat berfokus pada masalah yang telah ditentukan dan tidak terjadi pelencengan terhadap masalah. Berikut adalah batasan-batasan yang perlu dicermati lebih dalam lagi diantaranya yaitu :
1.
Penelitian dilakukan hanya di Universitas Mercu Buana.
2.
Penelitian hanya mencakup tentang tentang fasilitas non akademik seperti perparkiran, kantin, dan toilet.
1.4
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan non akademik di Universitas Mercu Buana.
2.
Meningkatkan kualitas fasilitas dan pelayanan nok akademik di Universitas Mercu Buana.
1.5
Manfaat Penelitian
Manfaat yang didapatkan pada penelitian ini adalah sebagai berikut:
1)
Mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan non akademik yang ada di Universitas Mercu Buana.
2)
Meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan non akademik.


1.6
Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah penyusunan laporan ini saya membaginya menjadi beberapa bab yang berisikan uraian-uraian ataupun keterangan yang didapat. Saya menerapkan penyusunan atas 6 bab yang masing-masing berdiri sendiri tetapi merupakan rangkaian yang menjelaskan dengan rinci dan membentuk suatu penulisan. Sistematika tersebut berupa :
BAB I PENDAHULUAN
Bagian ini berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian serta manfaat penelitian, dan sistematika penulisansecara keseluruhan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan tentang teori, pendapat pakar, tulisan ilmiah, dan sejenisnya yang dibutuhkan untuk mendukung dan memberikan landasan atau kerangka konsep berpikir yang kuat dan relevan.
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Pada bab ini dijelaskan mengenai langkah- langkah yang digunakan dalam melakukan penelitian. Metodologi penelitian ini berguna sebagai acuan dalammelakukan penelitian, sehingga peneliti dapat berjalan secara sistematis, tujuan tercapai dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA
Pada bab ini menguraikan tentang pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan berupa pengumpulan dan pengolahan data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan koesioner yang di bagikan kepada beberapa mahasiswa. Selanjutnya, dilakukan pengolahan data yang sesuai dengan metodolgi penelitian.
BAB V ANALISA DAN HASIL
Bab ini akan menganalisa pengolahan data yang telah dilakukan pada bab sebelumnya. Analisa ini bertujuan mengkaji lebih lanjut hasil dari pengolahan data, sehingga didapatkan kesimpulan dan penyusunan langkah-langkah perbaikan.. Bab ini akan menilai dampak penelitian terhadap obyek penelitian
BAB VI SIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini menguraikan tentang kesimpulan yang dapat diambil melalui penelitian yang telah dilakukan. Penarikan kesimpulan ini merupakan jawaban dari tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari kesimpulan yang telah diperoleh selanjutnya memberikan usulan saran untuk perusahaan serta untuk kemajuan penelitian selanjutnya.

1 comment:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Sukses ya skripsinya.
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete