Thursday, 11 December 2014

RINGKASAN ARTIKEL ILMIAH

Model Dynamic Pricing untuk Penetapan Harga Tiket Pesawat Terbang Berbasis Waktu dan Persediaan Kursi dengan Mempertimbangkan Keputusan Kompetitor
Ahmad Rusdiansyah, Rescha D. A. Putri, Nia Puspitasari


Abstrak
Dalam bisnis penerbangan saat ini persaingan antara airlinesis sangat ketat. Keputusan penetapan harga dari maskapai penerbangan akan mempengaruhi secara signifikan permintaan dan pendapatan maskapai lainnya. Penelitian ini mengembangkan model Manajemen Pendapatan Airline (ARM). Kami membangun model ARM di bawah lingkungan yang kompetitif. Model ini mempertimbangkan perubahan tiket pesaing untuk dua penerbangan paralel dan harus dibuat berdasarkan waktu dan persediaan kursi. Secara khusus, kami mengembangkan model pemrograman dinamis untuk mendapatkan harga tiket yang optimal berdasarkan sisa kursi, sisa waktu, serta perubahan harga pesaing tiket untuk menghasilkan harapan pendapatan yang maksimal. Penelitian ini dilakukan serangkaian skenario percobaan numerik untuk menunjukkan perilaku model dengan harapan pendapatan.
Kata kunci: Manajemen Airline Pendapatan, harga dinamis, pemrograman dinamis, diharapkan pendapatan.


Pendahuluan

Perkembangan industri penerbangan turut me-ningkatkan tingkat persaingan antar maskapai. Persaingan yang ketat mendorong maskapai pe-nerbangan untuk mampu merumuskan strategi dalam memaksimalkan pendapatannya. Kebijakan pengelolaan permintaan serta seluruh metodologi dan sistem yang dibutuhkan untuk membuatnya dengan tujuan memaksimalkan pendapatan disebut revenue management (RM) (Tallury dan Ryzin [13]). Penerapan revenue management di maskapai pener-bangan disebut dengan Airlines Revenue Management (ARM). ARM yang diterapkan di maskapai pener-bangan dengan tujuan untuk memaksimalkan pen-dapatan melalui pengelolaan sumber daya yang dimiliki secara optimal.

Dynamic pricing adalah sebuah strategi dalam ARM yaitu berupa pengaturan penetapan harga yang ber-tujuan untuk meningkatkan pendapatan maskapai penerbangan. Penggunaan dynamic pricing sangat tepat untuk diterapkan pada industri penerbangan yang memiliki karakteristik harga tiket pesawat ter-bang yang dinamis. Pada dynamic pricing ada beberapa strategi pene-tapan harga yang dapat dilakukan oleh maskapai penerbangan. Park dan Seo [9] meneliti mengenai strategi penetapan harga secara dinamis oleh mas-kapai penerbangan dengan mempertimbangkan customer choice behavior.



Metode Penelitian
1.     Formulasi Model
2.   Model pada Event t < T+1
3. Model pada Kondisi Sisa Kursi Penerbangan A Sudah Habis namun Penerbangan B Masih Ada (nA=0, nB>0)
4. Model pada Kondisi Sisa Kursi Penerbangan A Sudah Habis namun Penerbangan B Masih Ada (nA=0, nB>0)
5. Model pada Kondisi Sisa Kursi Kedua Pener-bangan Masih Ada (nA>0, nB>0)

Hasil dan Pembahasan

1.     Percbaan numerik : Untuk menguji model yang telah dikembangkan di-lakukan percobaan numerik dengan parameter awal.
2.  Percobaan Numerik untuk Penerbangan A Sebagai Follower Kompetito : Pada percobaan numerik ini dilakukan percobaan scenario pembukaan kelas harga oleh maskapai B (kompetitor) yang kemudian akan diikuti oleh mas-kapai A (follower) dengan tiga skenario pembukaan kelas harga.
3.    Percobaan Numerik untuk Penerbangan A sebagai Perespon Kompetitor : Pada percobaan numerik ini, penetapan harga oleh maskapai B direspon oleh maskapai A dengan kom-binasi perubahan kelas harga yang berbeda-beda. Dapat dikatakan, skenario ini merupakan skenario perespon terhadap harga kompetitor.
4.    Percobaan Numerik untuk Penerbangan A dengan Variasi Periode Pembukaan Kelas Harga  : Pada percobaan numerik ini dilakukan perhitungan ekspektasi pendapatan untuk maskapai A dengan variasi periode pembukaan kelas harga maskapai A.
    5.     Percobaan Numerik untuk Penerbangan A dengan Variasi Kedatangan Calon              Penumpang : Pada percobaan numerik ini dilakukan perhitungan ekspektasi               pendapatan untuk maskapai A dengan mempertimbangkan faktor kedatangan          calon penumpang. Percobaan numerik ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh      dari kedatangan calon penumpang dalam setiap periodenya terhadap eks-                  pektasi  pendapatan yang dihasilkan.

Simpulan
    Penelitian ini mengembangkan model dynamic pricing pada dua maskapai penerbangan (maskapai A dan B) yang saling bersaing berbasis persediaan kursi dan waktu dengan mempertimbangkan peru-bahan harga kompetitor. Penetapan harga dengan bertindak sebagai follower dan perespon akan meng-hasilkan ekspektasi pendapatan yang bergantung pada pola perubahan harga dari kompetitor. Mas-kapai penerbangan A akan merespon harga yang di-tetapkan oleh maskapai penerbangan B. Penelitian ini akan memberikan rekomendasi mengenai res-pon yang sebaiknya dilakukan oleh maskapai A apabila terjadi perubahan harga yang ditetapkan kompetitor (maskapai B) sedemikian, hingga dapat memaksimalkan ekspektasi pendapatan maskapai A. Berdasarkan hasil percobaan numerik diperoleh kesimpulan bahwa maskapai penerbangan A baik sebagai follower maupun sebagai perespon terhadap competitor (maskapai penerbangan B) akan mem-peroleh ekspektasi pendapatan yang lebih tinggi jika menggunakan strategi increasing price (P4-P3-P2-P1). Selain itu, priode pembukaan kelas harga dan tingkat kedatangan calon penumpang mempenga-ruhi ekspektasi pendapatan yang dihasilkan.

Daftar Pustaka
1. Bazargan, M., Airlines Operations and Schedul-ing 2nd Edition, Embry-Riddle Aeronautical University, USA: Ashgate, 2010.
2. Chatwin R. E., Optimal Dynamic Pricing of Perishable Products with Stochastic Demand and a Finite Set of Prices, European Journal of Operational Research, 125, 2000, pp. 149–174.
3. Feng Y, and Xiao B., A Continuous-time Yield Management Model with Multiple Prices and Reversible Price Changes, Management Science, 46(5), 2000, pp. 644–657.
4. Gallego G, and van Ryzin G J., A Multi-product, Multi-resource Pricing Problem and Its Appli-cations to Network Yield Management, Opera-tions Research, 45(1), 1997, pp. 24–41.
5. Lin K. Y., A Sequential Dynamic Pricing Model and Its Application, Naval Research Logistics, 51(4), 2004, pp. 501-521.
6. Luo, Li., and Peng, Ji-Hua, Dynamic Pricing Model for Airline Revenue Management under Competition, Systems Engineering - Theory & Practice, 27(11), 2007, pp. 15–25.
7. Lin, K. Y., Soheil, Y., and Sibdari., Dynamic Pricing Competition with Discrete Customer Choices, European Journal of Operational Research, 197, 2009, pp. 969-980.
8. Mart, V., and Tallury, K. T., Dynamic Price Competition with Fixed Capacities, IESE Busi-ness School, Av. Barcelona, Final Project, 2010.
9. Park, Changkyu and Seo, Junyong, Seat Inven-tory Control for Sequential Multiple Flights with Customer Choice Behavior, Computers & Indus-trial Engineering, 61, 2011, pp. 1189–1199.
10. Putri, R. D. A., and Rusdiansyah, A., Compa-rison Analysis of Time and Seat Inventory-based Decisions in Joint Dynamic Pricing for Two Parallel Flights Considering Overbookings, Cancellation, and No-show passengers. Proceed-ing of APIEMS Conference 2012, Phuket-Thailand.
11. Rusdiansyah A., Mariana D., Pradhana H., and Wessiani N., Model of Dynamic Pricing for Two Paralel Flight with Multiple Fare Classes Based on Passanger Choice Behavior, Jurnal Teknik Industri, Universitas Kristen Petra Sura-baya, 12(1), 2010, pp. 9-16.
12. Rusdiansyah, A., Pradhana, H., and Wessiani, P., Joint Dynamic Pricing Model for Two Paral-lel Flights Considering Overbooking, Cancella-tions, and No-show Customers, Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 9, 2011, pp. 2113-2128.
13. Tallury, K. T., and van Ryzin, G., The Theory and Practice of Revenue Management, Kluwer Academic Publisher, Boston, 2004.
14. Tallury, K. T., and van Ryzin, Revenue Manage-ment under a General Discrete Choice Model of Consumer Behavior, Management Science, 50(1), 2004, pp. 15-33.
15. Xiao, Y. B., Chen, J., and Liu, X. L., Joint Dynamic Pricing for Two Paralel Flight Based on Passenger Choice Behavior, System Engi-neering Theory & Practice, 28, 2008, pp. 46-55.
16. Zhao, W.,and Zheng Y. S., Optimal Dynamic Pricing for Perishable Assets with Non-homoge-neous Demand, Management Science, 46, 2000, pp. 375–388.

No comments:

Post a Comment